RSS

Pratikum Database 1

Pengertian Database

       Database adalah suatu susunan/kumpulan data operasional lengkap dari suatu organisasi/perusahaan yang diorganisir/dikelola dan simpan secara terintegrasi dengan menggunakan metode tertentu dengan menggunakan komputer sehingga mampu menyediakan informasi yang diperlukan pemakainya. 

        Sistem Database adalah suatu sistem penyusunan dan pengelolaan record-record dengan menggunakan komputer, dengan tujuan untuk menyimpan atau merekam serta memelihara data operasional lengkap sebuah organisasi/perusahaan sehingga mampu menyediakan informasi yang diperlukan pemakai untuk kepentingan proses pengambilan keputusan. 


Sejarah Database


       Sejak zaman dulu kala basis data sudah menjadi fokus yang utama pada Aplikasi. Pada awal tahun 1960, Charles Bachman di perusahaan General Electric mendesain generasi pertama DBMS yang disebut Penyimpanan Data Terintegrasi (Integrated Data Store). Dasar untuk model data jaringan terbentuk lalu distandarisasi oleh Conference on Data System Languages (CODASYL). Kemudian, Bachman menerima CM Turing Award (penghargaan semacam nobel pada ilmu komputer) tahun 1973.







     Pada akhir tahun 1960-an, IBM mengembangkan sistem manajemen informasi (Information Management System). Hasil kerjasama antara IBM dengan perusahaan penerbangan Amerika mengembangkan sistem SABRE. Sistem SABRE memungkinkan user mengakses data yang sama pada jaringan komputer.

          Pada tahun 1970, Edgar Codd di laboratorium penelitian di San Jose mengusulkan suatu representasi data baru yang disebut model data relasional.

   Pada tahun 1980, model relasional menjadi paradigma DBMS paling dominan. Bahasa query SQL dikembangkan untuk basisdata relasional sebagai bagian proyek Sistem R dari IBM. SQL distandarisasi di akhir tahun 1980 dan SQL-92 diadopsi oleh American National Standards Institute (ANSI) dan International Standards Organization (ISO). 
Program yang digunakan untuk eksekusi bersamaan dalam basisdata disebut transaksi. Pada tahun 1999, James Gray memenangkan Turing Award untuk kontribusinya pada manajemen transaksi dalam DBMS.

       Pada akhir tahun 1980 dan permulaan tahun 1990, banyak bidang sistem basisdata dikembangkan. Penelitian di bidang basisdata meliputi bahasa query yang powerful, model data lengkap, dan penekanan pada dukungan analisis data yang kompleks, sistem diperluas dengan kemampuan menyimpan tipe data baru misalnya image dan text serta kemampuan query yang kompleks.


Contoh Database

MySQL
      Database MySQL adalah sistem manajemen database open source yang paling populer dan banyak digunakan merupakan relasional database yang menyediakan akses multi-user untuk sejumlah database.

PosgreSQL

      Database PostgreSQL ini dikembangkan oleh Grup PostgreSQL Global Development dan merupakan ORDBMS (Object Relational Database Management System).


Kelebihan :

1. PostgreSQL memiliki arsitektur multiproses (forking) yang berarti memiliki stabilitas yang lebih tinggi, sebab satu proses anak yang mati tidak akan menyebabkan seluruh daemon mati—meskipun pada kenyataannya, dulu ini sering terjadi.

2. Dalam kondisi load tinggi (jumlah koneksi simultan besar), kecepatan PostgreSQL sering mengalahkan MySQL untuk query dengan klausa JOIN yang kompleks, hal ini
dikarenakan PostgreSQL mendukung locking di level yang lebih rendah, yaitu row.

3. PostgreSQL memiliki fitur OO seperti pewarisan tabel dan tipe data, atau tipe data array yang kadang praktis untuk menyimpan banyak item data di dalam satu record.Dengan adanya kemampuan OO ini maka di PostgreSQL, kita dapat mendefinisikan sebuah tabel yang mewarisi definisi tabel lain.

Kekurangan :

1. PostgreSQL sendiri saat ini bisa dijalankan di Windows, tapi melalui lapisan emulasi Cygwin.

2. Kurang unggul dalam hal ketersediaan fungsi built-in.

3. Replikasi di PostgreSQL sendiri belum disertakan dalam distribusi standarnya.

Oracle
      Oracle adalah salah satu software sistem manajemen basis data relasional yang cukup diminati, dikenal, dan dipakai saat ini. Versi terbaru dari Oracle adalah Oracle 11g.Software ini biasa digunakan untuk pengaksesan data yang dilakukan secara online.


DB2
      DB2 adalah produk Sistem Manajemen Hubungan Database dari IBM atau sekarang yang populer disebut Data Server yang dimana merupakan Perangkat Lunak Manajemen Informasi. Kebanyakan DB2 disebut juga sebagai DB2 Enterprise Server Edition atau top of the line DB2 DAta Warehouse Edition (DB2 DWE) yang berjalan pada Unix, Windows dan Linux Server.

Kelebihan :

      1. Meningkatkan efisiensi dan mengurangi kebutuhan storage
      
      2. Sangat mudah migrasi dari Database lain
        
      3. Support multi-platform

Kekurangan:
      
      1. Platform Specified
         
      2. Tidak bisa download langsung dari IBM
         
      3. Speednya masih kalah dengan MySql dan Oracle


Firebird

     Firebird sebagai database open source selalu tampil lebih lengkap daripada database MySQL, dan telah, tidak seperti database PostgreSQL, selalu bekerja dengan baik pada Windows maupun Linux dan Nix varian lain.

Kelebihan :

      Firebird memiliki user base kecil namun aktif, Firebird selalu lebih banyak memiliki fitur,
Firebird merupakan DBMS yang relatif matang untuk digunakan, dan tujuannya menetapkan peletakan kembali Oracle dan SQL server dalam aplikasi komersil,
Firebird memiliki user-base yang loyakl, dan merupakan produk bagus untuk bekerja dengannya, dan jika ia dapat meningkatkan kecepatan development-nya, seperti juga meningkatkan marketing-nya, akan menjadi pesaing yang kuat.

Kekurangan :

         Kekurangan yang paling nyata waktu itu adalah replication engine (walaupun Firebird memiliki fitur lanjutan, yang menjaga identical copy dari live database). Ada proyek yang terjadi, banyak yang komersil, namun Open Source-nya sendiri terlihat tidak matang, atau terintegrasi ke dalam Firebird code utama. Firebird development relatif lambat, Firebird merupakan DBMS yang relatif matang untuk digunakan, dan tujuannya menetapkan peletakan kembali Oracle dan SQL server dalam aplikasi komersil.


  • Proses Instalasi dan penjelasan lebih lanjut MySQL bisa di liat di sini 
  • Proses Instalasi dan penjelasan lebih lanjut Oracle bisa di liat di sini
  • Proses Instalasi PosgreSQL

Tampilan awal proses instalasi PostgreSQL. Kemudian klik  tombol Next.



Pilih direktori tempat penginstalan, biarkan saja defaultnya atau ganti sesuai keinginan anda. Kemudian klik tombol Next.



Pilih direktori tempat penyimpanan data, tetapi saya sarankan agar tidak merubahnya dan melih secara default saja. Kemudian tekan tombol Next.



Kemudikan isikan password yang akan digunakan untuk koneksi ke database PostgreSQL setelah proses instalasi selesai. Misalnya kita masukan password “root”.



pada jendela setup port biarkan saja secara default yaitu “5432”. Kemudian klik tombol next



Dijendela setup advance options biarkan saja secara default seperti yang terlihat dalam gambar. Kemudian klik tombol next.



Pada jendela  setup ready to install klik tombol next. Kemudian akan muncul jendela yang menunjukan proses instalasi sedang berlangsung, tunggu beberapa saat hingga peoses instalasi selesai.



Proses instalasi selesai. Uncheck kotak Launch Stack Builder, sebab jika diberi tanda check maka proses instalasi akan dilanjutkan dengan mendownload beberapa program pendukung seperti pendukung koneksi dengan basis data, dan sebagainya: kemudian klik tombol Finish.




  • Proses Instalasi DB2 

1. Tampilan saat pertama kali db2 di jalankan akan muncul "Welcome to DB2"




2. Lalu pilih "instal a product" dan klik "instal new"



 3. lalu akan muncul tampilan dibawah ini dan pilih "Next"


 4. Pilih "I do accept the license aggrement "dan klik "Next"




 5. Pilih tipe instalasi yang akan digunakan lalu klik "Next"




6. selanjutnya muncul pilihan untuk penginstalan product, membuata response file, or membuat keduanya dan tentukan direktori untuk response file dan pilih "Next"



7. Pilih direktori penginstalan lalu klik "Next"



8. Pilih local system account  lalu klik "Next"



 9. Klik "Next"




10. Klik "Finish" 



11. Akan muncul tampilan di bwh ini




  12. setelah itu klik "next" lalu "finish"



13. Setelah itu akan muncul db2 first step lalu pilih "create profile"



 14. Lalu muncul tampilan seperti dibawh ini


15. dan pilih "database creation" lalu pilih create sample database




  • Proses Instalasi 

1. tampilan awal instalasi Firebird




2. Klik Next, maka akan, tampil pemilihan directory 



3. Pilih component yang harus diinstal, (default saja, karena lengkap )



4. Konfirmasi, jika sudah benar semua, klik install, Firebird akan terinstall


Setting Path :

terkadang, kita ingin lewat command prompt dalam mengotak-atik sebuah database, jadi langkah selanjutnya yaitu setting path dengan cara sebagai berikut :
Klik MyComputer –> Properties –> pilih advanced –> pilih environment variables ( untuk windows yang beda versi menyesuaikan , pokoknya ujung2nya sampai environment variable ), lalu tambahkan path sebagai berikut :



jangan lupa servicenya juga pastikan ter start sebelum menggunakan, bisa di cek di service.





SEMOGA BERMANFAAT SOBAT ^_^



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

:k1 :k2 :k3 :k4 :k5 :k6 :k7 :k8 :k9 :a1 :a2 :a3 :a4 :a5 :a6 :a7 :a8 :a9
Pasang Emoticon !

Posting Komentar